Pendataan dan
Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMK Negeri 55 dalam Penerapan Mata
Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia


Kelas CB :
LB 32
Nama Dosen :
Noor Rachmat
Kode Dosen :
D1119
Hari pelaksanaan :
Kamis
Tanggal pelaksanaan :
29 Oktober 2015
Waktu pelaksanaan : 08.00
– 13.00
Durasi pelaksanaan : 5
jam
Lokasi pelaksanaan : SMK
Negeri 55, Jl. Pademangan Timur VII
PIC di lokasi :
Bp. Warta Lesmana (Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 55)
Tim yang hadir :
Ketua :
Jesslyn Angela (1701303346)
Anggota :
1.
Fanny Tania (1701319174)
2.
Ferdi (1701294253)
Tim yang tidak hadir :
-
(Fanny Tania, Ferdi, Stefani, F. Megah) (Jesslyn Angela, Bp. Warta Lesmana, Roy) |
Teori
Dalam proses belajar mengajar
secara informal atau formal, etika dan moral merupakan suatu komponen yang
penting. Setelah mendapatkan pelajar mengenai etika umum di dalam keluarga,
anak akan memperoleh pendidikan secara formal di sekolah. Namun di Indonesia,
banyak sekali warga yang berkekurangan dalam sisi ekonomi. Oleh karena itu,
banyak sekali anak-anak yang putus sekolah, atau bahkan tidak bersekolah, dan
naiknya tingkat perilaku yang tidak bermoral (seperti tauran , dll). Maka
Pemerintah dan gubernur akhirnya memproduksi suatu sarana yang dapat membantu
mereka yang tidak mampu untuk membayar uang sekolah, yaitu kartu jakarta
pintar. Dengan adanya kartu jakarta pintar, kaum muda dapat bersekolah 12 tahun
sesuai dengan standar pendidikan indonesia. Selain membantu dalam perkembangan
pendidikan negara Indonesia , dan meningkatkan kualitas negara Indonesia yang
bertika dan bermoral. Namun masih ada saja KJP yang belum tepat sasaran.
Persiapan
Seperti
kegiatan sebelumnya, kami menelepon pihak sekolah untuk konfirmasi dan meminta
izin untuk berkunjung 2 hari sebelumnya. Semua data seperti surat pengantar
dari Dinas Pendidikan, jumlah siswa yang menerima KJP, data anak penerima KJP,
data anak untuk monitoring 8355, dan kuisioner penerima KJP sudah di ambil di
kantor TFI di minggu sebelumnya, semua form (8355, Validasi Pendidikan, dan
Perbaikan UN) juga sudah disiapkan di minggu sebelumnya.
Metode
Kegiatan ini berlangsung dengan
lancar pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2015 di sebuah ruangan seperti ruang
meeting di dalam kantor guru SMK Negeri 55. Kami bekerjasama dengan beberapa
pihak sekolah seperti wakil kepala sekolah dan beberapa guru. Mereka membantu
kami untuk memanggil dan menertibkan para murid agar proses wawancara berjalan
dengan lancar.
Pelaksanaan
Survey yang dilakukan ada 2 yaitu
survey eksternal dan survey internal
1. Survey Eksternal
Kelompok kami telah melakukan survey dengan
memberikan beberapa pertanyaan kepada 51 siswa-siswi SMK Negeri 55 sesuai dengan yang ada di lembar kuisioner dan juga kepada pihak sekolah.
2. Survey Internal
Setiap anggota kelompok bekerja dengan baik.
Setiap anggota datang tepat waktu, melakukan setiap tugasnya dengan baik, dan
menjaga sikapnya masing – masing.
Form Evaluasi
Hasil Kegiatan
Kegiatan pendataan
penerima KJP berlangsung dengan lancar di SMK Negeri 55. Dari 255 penerima
kartu KJP kami berhasil mengumpulkan 51 data siswa. Hasil wawancara KJP (data
siswa dan data sekolah) dan data validasi pendidikan sudah diinput kedalam form
(link dari blog TFI).
Kesimpulan
Kegiatan pendataan di SMK Negeri 55
berjalan dengan lancar, kami menerima data dan melakukan pendataan di ruang
meeting SMK Negeri 55, setelah itu kami juga berkesempatan untuk menerima
informasi serta pengalaman langsung dari wakil kepala sekolah SMK Negeri 55, Pak
Warta. Kami juga menerima data dari Bapak Dida selaku pengurus tata usaha di
sekolah.
Next to do
Berdasarkan
kegiatan yang telah berlangsung pada hari Kamis, 29 Oktober 2015, selanjutnya
kami akan tetap mempertahankan kinerja kelompok kami yang sudah baik untuk
melaksanakan kegiatan 8355.
Foto - foto selama kegiatan
No comments:
Post a Comment